Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Alarm Berdasarkan Waktu dengan Arduino

Membuat alarm berdasarkan waktu dengan Arduino bisa sangat mudah Anda lakukan dengan bantuan library ‘TimeAlarms.h’. Library ini merupakan pengembangan library ‘Time.h’ yang kita bahas sebelumnya untuk membuat RTC dengan Arduino. Nah kalau library ‘Time.h’ hanya bisa mengembalikan nilai waktu (jam, menit, detik, hari, tanggal, tahun), maka library ‘TimeAlarms.h’ ini bisa membantu Anda membuat alarm berdasarkan waktu tersebut dengan script yang relatif mudah.

Contoh penggunaanya seperti jam weker biasa yakni, ketika Anda misalnya mengeset jam weker untuk bunyi ketika jam 3 malam, maka jam weker tersebut hanya akan berbunyi ketika waktu sudah menunjukkan pukul 03.00. Dan akan terus berulang begitu tiap hari sampai Anda mengganti pengaturannya. Nah, jika Anda menggunakan library ‘TimeAlarm.h’ ini, tentunya tidak hanya alarm yang berulang tiap hari pada jam tertentu saja yang dapat Anda buat, tetapi Anda juga dapat membuat alarm yang hanya terpicu sekali saja, atau alarm yang hanya bekerja pada hari tertentu saja. Luar biasa bukan? Lebih luar biasa lagi karena Anda hanya perlu memanggil fungsi-fungsi dalam library ini tanpa harus memikirkan bagaimana melakukan handling timer dan register-register yang terlibat supaya menghasilkan waktu yang presisi. Mari simak tutorial singkat berikut ini :

Setidaknya ada tiga macam kelompok fungsi (function) yang dimiliki library ‘TimeAlarms.h’, yakni :

Fungsi Alarm

Dalam kelompok fungsi ini setidaknya ada 4 fungsi (function) utama, yakni

Alarm.alarmRepeat (hours, minutes, seconds, functionX); à memanggil alarm (menjalankan parameter functionX) pada jam, menit, detik dan berulang tiap harinya

Alarm.alarmRepeat (dayofweek, hours, minutes, seconds, functionX); à memanggil alarm (menjalankan parameter functionX) pada hari, jam, menit, detik dan berulang tiap minggunya

Alarm.alarmOnce (hours, minutes, seconds, functionX); à memanggil alarm (menjalankan parameter functionX) pada jam, menit, detik namun dieksekusi sekali saja

Alarm.alarmOnce (dayofweek, hours, minutes, seconds, functionX); à memanggil alarm (menjalankan parameter functionX) pada hari, jam, menit, detik namun hanya dijalankan sekali saja.

Fungsi Timer

Alarm.timerRepeat (seconds, functionY); à menjalankan functionY setiap waktu yang didefinisikan dalam parameter ‘second’ dalam satuan detik.

Alarm.timerOnce(seconds, functionY); à menjalankan functionY setelah waktu yang didefinisikan dalam parameter ‘second’ (hanya dijalankan sekali) dalam satuan detik.

Fungsi Delay

Alarm.delay(milliseconds); à menjalankan waktu tunda (delay) selama waktu yang didefinisikan dalam parameter ‘milliseconds’ dengan satuan milidetik.

Demikian fungsi-fungsi utama yang terdapat pada library ‘TimeAlarms.h’. Dari namanya dan penjelasan parameter fungsinya, saya pikir Anda sudah dapat membayangkan fungsi dari function di atas.

Ohya, library ‘TimeAlarms.h’ dapat Anda unduh secara gratis di http://playground.arduino.cc/code/time. Jika sudah diunduh, ekstrak file zip-nya dan salin ke folder libraries Arduino di laptop/PC Anda (default-nya di folder C:\Program Files\Arduino\libraries). Jika semuanya sudah Anda lakukan, maka di software IDE Arduino di laptop Anda akan muncul menu baru yakni ‘TimeAlarm’ di menu File | Examples.

library TimeAlarms di Arduino

Dan untuk cara mengaplikasikan library di atas dan contoh penggunaan function-function di atas akan saya tulis pada artikel berikutnya…

update : contoh aplikasi alarm jam digital dengan Arduino

Incoming search terms:

membuat alarm dengan arduino, membuat alarm arduino, Set alarm 03 00 menit, Set time 03 00 menit, contoh program timer arduino, alarm tiap waktu, membuat timer dengan arduino, cara membuat alarm dengan arduino, cara membuat alarm waktu, Coding membuat Alarm di delphi xe8
Tags:
9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!