Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Mengunggah Sketch ke Papan Arduino

Papan Arduino adalah sebuah papan elektronik yang berisi sistem minimum mikrokontroller seri ATMega atau ARM tergantung dari tipenya. Misalkan sebuah Arduino Uno didalamnya terdapat mikrokontroller ATMega328 (dapat juga diganti ATMega8/ATMega168), Arduino Mega/ Mega ADK menggunakan mikrokontroller ATMega2560, Arduino Micro menggunakan mikrokontroller ATMega32u4. Sedangkan papan Arduino yang menggunakan mikrokontroller ARM misalnya adalah Arduino Due yang menggunakan mikrokontroller Atmel SAM3X8E ARM Cortex-M3. Bahkan pada generasi terbaru, Arduino YUN, sudah mengadopsi sistem operasi Linux (Linino) pada chip Atheros AR9331 yang support OpenWRT.

Pada dasarnya sebuah Arduino memiliki ‘sistem operasi’ sederhana yang disebut bootloader. Bootloader ini berfungsi menjadi semacam BIOS (Basic Input Output System) pada komputer. Bootloader ini bertanggung jawab pada saat mekanisme pengisian program yang di Arduino disebut sebagai sketch. Ketika sketch selesai diunggah (diupload/diisikan) ke Arduino, maka tugas bootloader selesai dan digantikan oleh sketch tersebut. Kemudian jika nanti ada sketch baru yang diunggah ulang, bootloader kembali memerankan tugasnya agar sketch masuk ke flash memori mikrokontroller untuk kemudian mengambil fungsi sebagai ‘sistem operasi’ utama. Dengan cara ini, maka Arduino akan dapat melakukan proses pengisian program/sketch berulang-ulang sampai kapanpun (sampai IC mikrokontrollernya rusak tentunya :)). Namun upload cycle-nya jauh lebih banyak daripada mengisi program langsung ke IC mikrokontroller dengan cara ISP (In-System Programming).

Untuk mengunggah sketch (mengisi program) ke papan Arduino caranya cukup mudah. Sebagai contoh saya akan menggunakan papan Arduino yang bertipe UNO. Arduino Uno adalah papan Arduino yang paling popular dan paling banyak digunakan karena fiturnya cukup lengkap disamping harganya yang relatif murah. Namun, sebelumnya perlu Anda siapkan beberapa hal sebagai berikut.

– Software IDE Arduino, bisa Anda unduh di https://www.arduino.cc/en/Main/Software. Cara menginstal dan menggunakannya dapat Anda baca di sini. Pada tahap ini pastikan driver USB untuk papan Arduino sudah terinstal dengan baik

– Kabel USB tipe B. Kabel USB ini sama dengan kabel USB yang digunakan untuk printer. Kabel ini digunakan untuk mentransfer sketch Arduino-executable ke papan Arduino.

arduino dan kabel usb tipe B - cara mengunggah sketch Arduino

Setelah software dan hardware yang diperlukan sudah siap, kini saatnya untuk mencoba mengunggah sketch ke papan Arduino. Buka software IDE Arduino dan buka lah contoh program yang paling sederhana, yakni ‘Blink’ melalui menu File | Examples | Basics | Blink. Program ini sangat sederhana yakni ditujukan untuk menghidup-nyalakan LED di pin 13 Arduino secara bergantian (flip flop).

Cara Mengunggah Sketch ke Papan Arduino - blink

Langkah kedua adalah memastikan bahwa papan Arduino sudah terdeteksi oleh software Arduino. Caranya, lihatlah menu Tools | Port. Jika ada tulisan COMxx (xx menunjukkan nomor port), maka papan Arduino sudah terdeteksi dan siap digunakan.

Cara Mengunggah Sketch ke Papan Arduino - COM port

Langkah terakhir, mulailah proses pengunggahan/pengisian sketch melalui menu Sketch | Upload atau melalui shortkey CTRL+U atau melalui shortcut tanda panah hijau.

Cara Mengunggah Sketch ke Papan Arduino - done uploading - cara mengisi program arduino

Untuk mengetahui sketch sudah berhasil diunggah atau belum dapat Anda lihat di notifikasi di bagian bawah Sketch Editor. Dan jika ada kesalahan dalam pengunggahan baik itu karena hardware maupun kesalahan syntax program, pesan kesalahan akan ditampilkan jendela debug, jendela yang paling bawah. Demikian tutorial Cara mengunggah sketch ke papan Arduino, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Untuk lebih jelasnya tentang bagian-bagian software Arduino dapat Anda baca di artikel “Mengenal Bagian-bagian Software IDE Arduino” atau bisa juga dengan membeli buku ‘Mudah Belajar Mikrokontroller dengan Arduino’ yang sudah saya tulis secara runut untuk memudahkan pemahaman pembaca.

Incoming search terms:

cara mengisi program arduino, papan sketch, cara flash android dengan microcontroller, Cara program arduino, cara melihat skecth yang sudah terprogram di adruino, cara upload arduino, cara mengupload coding ke arduino uno, cara melihat skecth di adruino uno, cara upload skecth adruino uno, cara upload arduino uno
Tags:
11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!