Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengambil Data Suhu dari RTC DS3231/DS3232 dengan Arduino

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin itu peribahasa yang tepat untuk RTC tipe DS3231/DS3232, karena selain memiliki fitur utama sebagai penyedia waktu presisi, RTC ini ternyata juga memiliki sensor suhu yang dapat diambil outputnya. Namun, yang perlu Anda ketahui data suhu di RTC DS3231/DS3232 hanya akan update setiap 64 detik sekali sesuai dengan sampling rate-nya. Tapi lumayanlah, setidaknya sekitar 1 menit sekali Anda akan mendapatkan data suhu yang dapat manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Cara mengambil data suhu dari RTC DS3231/DS3232 dengan Arduino sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mendeklarasikan library ‘DS3232RTC.h’ (dapat Anda unduh disini), dan memanggil salah satu function-nya yaitu :

Jika Anda lihat di datasheet library ini di halaman ini, function di atas akan mengembalikan sebuah nilai suhu yang dikalikan 4. Dengan demikian Anda harus membagi hasil pemanggilan function RTC.temperature() dengan nilai 4 supaya menunjukkan nilai suhu sesungguhnya. Sintaks Arduinonya adalah sebagai berikut :

Catatan : library DS3232RTC.h di atas tidak dapat berdiri sendiri, dan harus menyertakan library ‘induk’-nya yaitu library ‘Time’ (silahkan download dulu disini). Untuk menambahkan library ke IDE Arduino dapat dibaca caranya disini

Berikutnya, tinggal Anda tampilkan saja di jendela Serial Monitor seperti biasa untuk memonitor suhu yang terbaca :

Berikut ini adalah sketch selengkapnya, silahkan copy paste sketch berikut di IDE Arduino Anda :

Upload sketch Arduino di atas, dan lihatlah hasilnya di jendela Serial Monitor. Seharusnya tampilannya adalah sebagai berikut :

mengambil data suhu dari RTC DS3231 DS3232

Ohya, untuk prototipe rangkaian dapat Anda lihat pada artikel sebelumnya, “5 Menit Handling RTC DS3231/DS3232 dengan Arduino

Cukup mudah, bukan? Dengan memanfaatkan sensor temperature internal pada RTC DS3231/DS3232 Anda dapat memperoleh data suhu secara instan tanpa menambah sensor. Dengan demikian dapat menghemat budget dan jalur PCB. Semoga bermanfaat …..

Incoming search terms:

cara kalibrasi suhu ds3231, sketh mendapatkan nilai rtc, Ds3231 rtc suhu, cara seting 3231 sensor suhu, cara mengambil data yang ada pada arduino, sensor suhu rtc, sensor suhu pada ds3231, RTC sensor atau bukan, rtc ds3231 arduino tempeature sensor saptaji, mengatur waktu jeda pengambilan data sensor arduino sdcard
Tags:,
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!