Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Menambahkan Library di Arduino dan Penggunaannya

Salah satu kelebihan Arduino adalah memiliki banyak library yang mendukung pembuatan suatu sketch. Library merupakan kumpulan subrutin yang mempunyai fungsi tertentu. Biasanya, sebuah modul/shield Arduino akan dibuatkan library tersendiri oleh pabrikannya. Jika pun tidak, nantinya akan ada yang membagi library buatannya secara gratis di internet. Memang, komunitas pecinta Arduino sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. Dan hebatnya lagi semuanya saling sharing pengetahuan masing-masing secara gratis dalam sebuah komunitas open source.

Ada banyak sekali library Arduino yang tersebar di internet. Contohnya adalah library ‘NewPing’ untuk mengukur jarak menggunakan modul sensor ultrasonik, library ‘FreqCounter’ untuk menghitung frekuensi dengan Arduino, library ‘EmonLib’ energy monitoring dengan Arduino , dan masih banyak library yang lain. Beberapa contoh library yang didedikasikan untuk hardware yang spesifik misalnya, library ‘GSM’ untuk GSM shield, library ‘Ethernet’ untuk Ethernet shield, library ‘WIFI’ untuk WIFI shield dan masih banyak yang lain. Yang perlu Anda ketahui bahwa library yang dibuat untuk hardware tertentu hanya dapat digunakan untuk hardware tersebut. Contoh, motor shield yang ditemui di pasaran ada banyak sekali tipenya. Pabrikannya juga beda-beda. Nah, antar pabrikan biasanya akan mengeluarkan library sendiri-sendiri yang hanya berfungsi untuk hardware produksinya. Selain itu, ada juga library yang sifatnya menambah fungsionalitas papan Arduino, seperti library ‘Time’ untuk membuat RTC dari Arduino atau library ‘SoftwareSerial’ untuk mengemulasi pin digital menjadi pin serial.

Jika Anda ingin menggunakan subrutin-subrutin yang terdapat di sebuah library, Anda harus menambahkan library tersebut ke dalam software IDE Arduino. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Sebuah library biasanya di-deploy dalam bentuk file terkompres (*.zip). Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu menjadi sebuah folder

2. Copy-kan folder tersebut (beserta seluruh isinya) ke folder instalasi Arduino (defaultnya adalah di C:\Program Files\Arduino\libraries

Untuk mengecek apakah library sudah berhasil masuk ke sistem IDE Arduino, coba lihatlah di submenu File | Examples, karena biasanya dalam folder library akan disertakan contoh program/sketch-nya.

library arduino

Dan yang terakhir, untuk memanggil subrutin-subrutin yang ada di library, Anda harus mendeklarasikan nama library tersebut di bagian paling dari sketch Anda, dengan sintaks ‘#include <nama_library>. Contoh :

#include <GSM.h>

#include <EEPROM.h>

Keuntungan menggunakan library adalah masalah kecepatan dalam menyusun sebuah program. Dengan memanfaatkan library, Anda tidak perlu lagi menyusun subrutin-subrutin kecil untuk menangani hardware interfacing Arduino Anda dalam level pin atau elektrikal. Cukup memanggil subrutin, maka tugas penanganan hardware akan dilakukan oleh library tersebut. Bahkan mungkin Anda akan dapat menyelesaikan sebuah project Arduino yang sederhana dalam waktu 5 menit saja, seperti yang saya contohkan di sini, di sana dan di situ :). Selamat bereksperimen ….

 

Incoming search terms:

kumpulan library arduino, cara membuat library arduino, cara menambah library arduino, fungsi library arduino, download library arduino lengkap, cara menambahkan library pada arduino, cara memasukkan library arduino, cara menambahkan library arduino, membuat library arduino sendiri, pengertian library pada arduino

Leave a Reply

44 Comments on "Cara Menambahkan Library di Arduino dan Penggunaannya"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Yusuf H. Kanoi
Guest

Sangat membantu, terima kasih atas ilmunya…:-)

khairina ramadiani
Guest

saya belum berhasil mas include lib yg barunya, muncul pesan error ketika include lib baru.

Christovan
Guest

Mas, saya mau menghubungkan arduino saya ke sim800l. Nah kmrn saya download librarynya dari seediono itu default tx/rxnya di pin 7 dan 8. Itu bisa diubah ga mas?
Soalnya saya pakai arduino mega di pin yg sama malah jadi tidak berfungsi, tapi di arduino uno berfungsi. Ada solusi ga mas? Makasih sebelumnya

calvin
Guest

misi mas, saya butuh bantuan untuk bikin alat pengaman sepeda motor nih menggunakan sim800L dan sensor metal merk roko serta buzzer , apa bisa dibantu untuk rangkaian nya?
kalo bisa minta w.a nya juga mas biar bisa enak ngbrl nya , waktu nya mepet nih.. ty before

amanda manurung
Guest

bisa ngak bg kirim xmx dengan input push button pada arduino

ramadhana
Guest

Misi mas ,saya butuh bantuan program nya SMS pakek sim900a untuk alat monitoring arus dan tegangan masalahnya di program otomatis untuk ngirim nya mas
Minta bantuannya mas
Terima kasih sebelumnya

sembiring kembaren
Guest

mau nanya mas
kalo library sensor FLame detecktor apa nama librarynya mas ?????

Rizki
Guest

mau tanya gan, misalkan sy Copy project dr orang lain yg outputnya modul lcd 16×2. Trs sy ingin nambah/ganti outputnya ke modul DMD P10 led matrix.
Apa bs? Gimana caranya?
Maaf gan, sy baru belajar.

pamelya
Guest

mas mau tanya, cara nya ngirim sms lewat 3g shield bagaimana? saya coba2 error terus. terimakasih sebelumnya.

laksamana
Guest

mas admin, apakah untuk menjalankan Examples IDE arduino, laptop/kamputer kita harus ter koneksi dengan arduino..?

trims

RIZKY
Guest

mas punya chanel YT ga, yang isinya tutor arduino ?

error: Content is protected !!